Mau Aman Pakai Popok bayi? Ibu Harus Perhatikan 5 Hal Ini

  • Whatsapp
Mau-Aman-Pakai-Popok-bayi-Ibu-Harus-Perhatikan-5-Hal-Ini
Foto dari Canva Pro

Penggunaan popok pada bayi, memang dianggap sebagai solusi bagi para ibu. Apalagi yang punya banyak aktivitas, atau harus sering membawa si kecil bepergian. Tapi, jangan sampai gara-gara penggunaan popok bayi yang salah malah mengorbankan kesehatan bayi dan keluarga! Makanya perlu memperhatikan lima hal penting berikut ini.

Dari Ukuran Hingga Tempat Sampah

Praktisnya menggunakan popok bayi, membuat para ibu rela memborong produk ini setiap belanja bulanan. Sebenarnya tidak masalah, selama Anda benar-benar menggunakan hingga membuangnya dengan benar.

  • Pastikan Ukuran

Saat membeli popok, Anda harus memastikan ukurannya pas saat dipakai si kecil. Jangan sampai kekecilan atau terlalu besar, akan ada konsekuensi buruk di balik ukuran yang salah namun tetap dipakai oleh bayi. Jika kekecilan, bayi tidak akan nyaman dan bisa menimbulkan luka dan infeksi.

Sedangkan ketika popok bayi yang dipakai terlalu besar, tentu tidak bisa menampung kotoran si kecil dengan baik. Anda akan dibuat kerja lebih banyak, yaitu membersihkan tubuh bayi yang terkena rembesan, hingga mencuci pakaian yang terkena rembesan kotoran si kecil.

  • Cara Pakai

Beda merek popok, akan beda pula cara pakainya. Ada yang dipakai mirip dengan cara menggunakan celana dalam bayi, ada pula yang memiliki perekat pada samping kiri dan kanannya. Jadi, pastikan untuk mengetahui cara pakai yang lebih mudah sebelum membeli dan memakaikannya pada buah hati Anda.

  • Hindari Iritasi

Idealnya penggunaan popok adalah empat jam, lalu perlu diganti yang baru. Jangan malas untuk mengganti popok si kecil, agar tidak terjadi iritasi kulit. Walaupun popok memiliki rongga udara, tapi kelembaban yang terlalu lama dirasakan bayi dapat menyebabkan iritasi pada area pinggang dan sekitarnya.

Jika iritasi sudah muncul, jangan diabaikan! Segera atasi, dengan memberikan salep khusus anti iritasi popok yang bisa dibeli bebas. Jangan tunggu sampai bertambah parah dan harus mendapat penanganan dokter.

  • Steril

Jangan abaikan kebersihan, saat akan menggunakan popok pada bayi. Pastikan kondisi tubuh bagian bawahnya bersih sebelum memakai popok, begitu juga tangan Anda. Sama halnya saat mengganti popok, pastikan membersihkan semua area pinggang ke bawah bayi dengan air mengalir atau tisu khusus bayi sebelum memberikan popok baru.

  • Buang Dengan Benar

Walaupun di dalam kamar atau kendaraan Anda terdapat tempat sampah untuk membuang popok bekas, usahakan untuk langsung membuangnya sekali sehari. Jangan biarkan menumpuk, kuman akan segera bersarang disana dan aroma tak sedap membuat Anda dan si kecil tidak nyaman.

Jika semua hal di atas, sudah benar-benar Anda perhatikan saat menggunakan popok bayi untuk si kecil. Selain bayi nyaman, Anda juga tenang menjalankan aktivitas bersamanya sepanjang hari. Tanpa keluhan apapun, kenyamanan dan kondisi tubuh yang bersih dan sehat akan membuat bayi tidak rewel dan tetap aktif sepanjang hari.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *