7 Cara Mengusir Kutu Beras dengan Bahan Alami

  • Whatsapp
7-Cara-Mengusir-Kutu-Beras-dengan-Bahan-Alami
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Kutu merupakan hewan kecil yang sering Anda temukan di tempat penyimpanan biji-bijian atau beras. Tentu beras menjadi tidak bersih dan kurang layak dikonsumsi akibat keberadaan kutu pengganggu. Jangan sampai Anda sudah mendapatkan harga beras 25 kg yang murah dan berkualitas, namun kutu langsung menyebar beberapa hari kemudian.

Mengusir Kutu Beras

Selain memastikan tempat penyimpanan bersih dan kering, Anda juga bisa mengusir kutu beras dengan bahan alami yang cukup sederhana. Penasaran? Yuk, simak ulasan singkat berikut!

1. Menggunakan kayu manis

Bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengusir kutu beras adalah kayu manis. Bahan yang sering digunakan sebagai bumbu masak bisa Anda letakkan di tempat penyimpanan beras. Dijamin kutu beras bakal langsung pergi dari wadah penyimpanan Anda dan tidak akan pernah kembali lagi.

2. Menggunakan Daun salam

Aroma daun salam yang tajam membuat bahan dapur tidak disukai kutu beras. Anda bisa meletakkan beberapa helai daun salam yang sudah dikeringkan ke wadah penyimpanan beras.

3. Menggunakan daun jeruk nipis

Selain daun salam, kutu beras juga tidak begitu suka dengan aroma daun jeruk nipis yang kuat. Kutu beras akan langsung menyingkir dan Anda bisa mengolah beras menjadi nasi yang layak konsumsi dengan meletakkan beberapa lembar daun pada penyimpanan beras di rumah.

4. Menggunakan cabai merah kering

Tips ampuh mengusir kutu beras yang mengganggu adalah menggunakan cabai merah kering. Biarkan beberapa cabai merah kering di dalam wadah penyimpanan beras selama semalaman, maka kutu beras akan pergi dan Anda bisa memasak nasi keesokan hari.

5. Menggunakan bawang putih

Harga beras 25 kg bervariasi tergantung dengan jenis dan kualitas premium yang diberikan. Jangan sampai Anda mengeluarkan uang ratusan ribu secara percuma karena beras yang disimpan langsung kutuan. Bisa saja Anda salah meletakkan penyimpanan beras dekat dengan penyimpanan tepung yang gampang kutuan.

Untuk mengusir keberadaan kutu beras yang membuat Anda jengkel, sebaiknya gunakan bawang putih untuk mengusirnya. Iris bawang putih menjadi beberapa bagian dan letakkan di wadah yang berisi beras tersebut. Dijamin kutu bakal langsung menghilang dan Anda bisa memasak beras tersebut. Hanya saja Anda memang harus siap dengan risiko perubahan rasa atau tekstur nasi yang berbeda akibat aroma bawang putih yang melekat.

6. Menggunakan bubuk kopi

Jangan menaburkan bubuk kopi ke atas beras secara langsung, tetapi masukkan ke dalam kantong plastik. Lalu lubangi beberapa tempat sehingga aroma kopi menyeruak dan membuat para kutu kabur.

7. Daun pandan

Ada cara alami yang bisa Anda terapkan untuk mengusir kutu beras dari tempat penyimpanan dengan meletakkan beberapa helai daun pandan. Aroma daun pandan yang kuat akan membuat kutu pergi seketika. Selain itu, Anda bisa mendapatkan aroma beras yang lebih wangi sebab menyimpannya dengan daun pandan yang harum.

Tentu masih ada banyak bahan alami lain yang bisa Anda terapkan untuk mengusir kutu beras dari wadah penyimpanan bahan makanan. Kutu beras harus segera dihilangkan agar tidak mengubah kualitas rasa dan nutrisi sehingga nasi yang Anda konsumsi tidak memiliki kandungan gizi yang sempurna. Bisa saja keberadaan kutu beras bisa membuat orang yang sensitif terutama anak-anak mengalami alergi saat mengkonsumi beras kutuan.

Guna menghindari risiko kesehatan yang bisa saja terjadi, sebaiknya Anda mencoba cara mengusir kutu beras di atas, ya! Beli beras premium dan bebas telur kutu untuk menjamin rasa yang berkualitas. Harga beras 25 kg yang terjangkau namun memberikan jaminan kualitas terbaik wajib Anda pertimbangkan. Jangan tergiur harga murah yang tidak memberikan kualitas beras bebas dari larva atau telur kutu, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *