4 Tips Menyimpan Beras Agar Terbebas dari Kutu

  • Whatsapp
4-Tips-Menyimpan-Beras-Agar-Terbebas-dari-Kutu
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Anda pasti pernah merasa sebal karena beras yang disimpan memiliki kutu. Padahal Anda baru saja membeli dari pasar atau supermarket, namun kenapa beras bisa langsung memiliki kutu, ya? Bisa saja kemungkinan Anda membeli beras yang telah bercampur dengan telur kutu beras, lho! Telur kutu akhirnya menetas saat beras yang Anda beli masuk ke ruang penyimpanan. Harga beras 5 kg memang murah dan terjangkau kantong, tapi Anda bisa rugi kalau beras sudah kutuan ‘kan?

Menyimpan Beras dengan Benar

Agar beras yang baru saja dibeli tidak gampang memiliki kutu, sebaiknya Anda tahu tips menyimpan beras yang baik dan aman berikut ini.

1. Memastikan wadah penyimpanan beras bersih

Langkah pertama yang harus Anda pastikan sebelum menyimpan beras ke dalam wadah yang disediakan adalah menjamin kebersihan. Ya, Anda harus memastikan bahwa wadah beras benar-benar bersih.

Anda juga tidak diperkenankan untuk meletakkan tempat penyimpanan beras dekat dengan wadah untuk menyimpan biji-bijian atau tepung. Bisa saja kutu loncat atau keluar dari tempat penyimpanan biji dan masuk ke tempat penyimpanan beras Anda.

2. Pastikan wadah kering dan kedap udara

Selain kebersihan, Anda harus segera memindahkan beras yang baru saja dibeli ke dalam wadah kering dan kedap udara. Tempat penyimpanan beras yang lembab sangat rentan menyebabkan kutu hidup di dalam sana.

3. Menyimpan wadah beras ke dalam kulkas

Kalau Anda membeli beras ukuran 5 kilogram, bisa membeli wadah penyimpanan ukuran kecil yang bisa disimpan ke kulkas. Harga beras 5 kg bisa Anda beli untuk persediaan makan anggota keluarga kecil selama seminggu tergantung tingkat konsumsi harian. Guna membunuh kutu atau telur yang ada di dalam beras, simpan wadah penyimpanan ke dalam kulkas selama seminggu.

Setelah lepas seminggu, Anda bisa mengembalikan wadah yang berisi beras ke tempat semula. Cara yang efektif untuk membunuh telur atau larva yang ada di dalam beras, ya!  Namun, Anda harus memastikan bahwa tempat sekitar penyimpanan sudah dibersihkan dan bebas dari kutu atau serangga.

4. Mengusir kutu beras dengan cara sederhana

Bagaimana jika beras yang Anda simpan sudah kutuan? Jangan tergesa untuk membuang beras karena Anda bisa membersihkan beras dari keberadaan kutu. Biar Anda tidak rugi sebab sudah mengeluarkan uang untuk beli beras, sebaiknya coba cara sederhana untuk mengusir keberadaan kutu tersebut. Anda bisa menaruh beras di wadah yang pipih dan jemur di tempat yang terkena paparan sinar matahari. Dijamin kutu akan segera pergi dari beras tersebut.

Anda juga bisa menggunakan kain yang bersih yang telah dibasahi dan hamparkan pada beras yang ada di wadah pipih. Diamkan selama beberapa saat hingga kutu menempel pada kain tersebut. Hal ini dikarenakan kutu beras sangat menyukai tempat-tempat yang lembab, lho!

Jika Anda ingin mengusir keberadaan kutu beras, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti cabai kering, daun salam dan lain-lain. Kutu beras bakal langsung pergi dan beras Anda tetap bisa dimasak seperti biasa.

Beberapa tips menyimpan kutu beras termasuk mengusir parasit yang suka berada di tempat lembab bisa Anda coba sendiri di rumah, ya! Kutu bisa membuat beras menjadi tidak sedap saat dimasak hingga berdampak buruk bagi kesehatan Anda sekeluarga. Yuk, dapatkan harga beras 5 kg yang terjangkau namun memberikan kualitas terbaik! Beras murah dengan jaminan rasa yang nikmat bisa menjadi pilihan menu makanan harian Anda yang sehat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *